Ajak Anak Belajar dengan Permainan

dengerin musik
Globalisasi telah membuat Bahasa inggris memiliki peran penting dalam hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Sekarang, dunia kerja ataupun dunia pendidikan meminta agar seluruh anggotanya memiliki kemampuan berbahasa inggris yang mumpuni. Untuk mengantisipasi hal ini, banyak orang tua yang mengajak anaknya untuk belajar Bahasa Inggris sejak dini. Namun, bimbingan bahasa inggris memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan belajar pada umur lain, karena anak usia dini masih ingin bermain dan bahkan mungkin belum dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Salah satu tantangan terbesar dalam mengajarkan Bahasa asing ke anak usia dini adalah bagaimana cara menarik minat anak sehingga anak dapat berkonsentrasi pada materi yang diajarkan. Berikut ini, beberapa metode yang bisa kita lakukan guna menarik minat anak dalam pembelajaran Bahasa inggris.

Dengan Lagu

Terdapat banyak lagu anak-anak yang dapat kita gunakan untuk melatih anak berbahasa inggris. Lagu merupakan sarana yang baik karena selain mudah untuk dihafal, lagu juga dapat melatih pengucapan Bahasa inggris anak.

Gunakan lagu-lagu yang singkat dan mudah, cari juga lagu yang mengajarkan anak atas nama-nama barang, angka, warna, dan lain sebagainya.

Dengan Film

Pada dasarnya, film atau bentuk tontonan lainnya lebih menarik untuk beberapa anak dibandingkan lagu, namun memiliki kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan lagu.

Gunakan film atau tontonan yang tidak terlalu lama, karena tontonan yang terlalu lama dapat membuat anak bosan. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan tontonan edukatif, gunakan juga kartun dan tontonan biasa lainnya.

Dengan Permainan

Terdapat 2 jenis permainan yang dapat kita gunakan, permainan aktifitas yang lebih tradisional dan bersifat kekeluargaan, atau permainan video games yang lebih modern dan lebih menarik.
game inggris
  • Aktifitas: permainan ini memiliki banyak macam, namun pada intinya, kita tidak mengandalkan barang elektronik dan melakukan permainan dengan badan kita sendiri.Pilih permainan yang memiliki banyak gerakan yang juga baik untuk pertumbuhan anak dan lebih menarik minat mereka.
  • Video Games: sementara permainan ini pasti akan menarik minat anak, dan memiliki materi pembelajaran yang lebih luas dari permainan aktifitas, meski memiliki beberapa manfaat buruk.Pilih permainan yang simpel dan tidak membahayakan mata, pilih yang tidak akan menimbulkan kecanduan pada anak.
Namun, ingatlah untuk jangan terlalu memaksa anak belajr. Karena, dengan memaksa maka anak akan merasa tertekan dan akan mempengaruhi tumbuh kembangnya secara psikologis. (RR)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar