3 Jenis Penyakit Jantung yang Umum di Masyarakat

sakit jantung
image source: Konsultan Kolesterol
Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh siapapun. Bagaimana tidak, seseorang yang terkena serangan jantung bisa saja meninggal tidak lama setelah serangan ini terjadi. Itulah alasannya banyak yang berusaha menghindari berbagai hal yang berisiko meningkatkan seseorang terkena serangan penyakit ini. Dengan menerapkan pola hidup sehat sebagai cara mencegah penyakit jantung.

Meskipun begitu, ternyata tidak semua orang seberuntung itu. Sebab penyakit jantung tidak hanya penyakit jantung koroner saja, seperti yang banyak dikenal sebagai serangan jantung. Setidaknya ada 3 jenis penyakit jantung yang cukup umum di masyarakat, yaitu:

  1. Penyakit jantung bawaan adalah masalah kesehatan pada organ jantung yang sudah ada sejak bayi dilahirkan. Bahkan masalah ini sudah ada sejak masih dalam kandungan karena masalah kesehatan ini adalah akibat adanya ketidaknormalan dalam proses pembentukan organ jantung. Penyakit ini menyebabkan darah tidak dapat mengalir dengan normal ke jantung dan juga dapat mempengaruhi pernafasan penderitanya. Dulu seringkali bayi yang lahir dengan penyakit jantung bawaan tidak mampu bertahan lama. Namun dengan kecanggihan teknologi saat ini, cukup banyak bayi yang tetap mampu bertahan bahkan hingga dewasa. Sampai saat ini banyak yang mempertanyakan, bisakah penyakit jantung bawaan dicegah? Sayangnya belum ada yang bisa memberi jawaban pasti.
  2. Sesuai dengan namanya, jantung bocor ini adalah kondisi di mana organ jantung mengalami kebocoran. Sama halnya dengan poin pertama, masalah jantung bocor ini adalah penyakit yang dibawa sejak lahir. Organ jantung sendiri memiliki 4 buah bilik, yaitu bilik kanan (atas dan bawah) dan bilik kiri (atas dan bawah).  Bilik kanan berisi darah dengan kadar oksigen sedikit yang akan dialirkan ke paru-paru untuk mendapat oksigen. Sementara bilik kiri berisi darah dengan kadar oksigen tinggi yang akan dialirkan ke seluruh tubuh. Semua bilik ini dipisahkan oleh sekat yang disebut septum agar darah tersebut tidak bercampur. Ketika terjadi kebocoran pada septum, darah dengan kadar oksigen rendah maupun tinggi akan saling bercampur dan jika hal tersebut tidak segera diatasi bisa menyebabkan penderitanya mengalami gagal jantung.
  3. Inilah penyakit jantung yang banyak dikenal di masyarakat. Berbeda dengan 2 penyakit jantung pada poin sebelumnya, penyakit jantung koroner (PJK) bukanlah penyakit yang dibawa sejak lahir. Penyakit ini muncul ketika adanya masalah sehingga aliran darah ke jantung menjadi terhambat dan jantung kekurangan suplai daarah hingga menyebabkan penderitanya mengalami serangan jantung. Salah satu penyebabnya yaitu kolesterol tinggi yang menyebabkan timbunan plak pada pembuluh darah dekat jantung.

Semua organ di dalam tubuh memiliki fungsi penting, termasuk juga jantung. Untuk Anda yang menderita penyakit jantung bawaan atau kebocoran jantung, mungkin tidak bisa melakukan apapun kecuali menjalani semua proses pengobatan yang di sarankan oleh dokter Anda. Namun untuk Anda yang saat ini masih sehat, mulailah terapkan gaya hidup sehat agar Anda dapat terhindar dari penyakit jantung koroner. Sebab penyakit ini bisa menyerang siapapun dan kapanpun. (Vita)
SHARE

xexe

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar