Jenis Fitting Pipa PVC. Mana Yang Cocok dengan Kebutuhan

Fitting pipa atau mencocokan pada pipa diartikan sebagai proses instalasi pipa. Pemasangan pipa yang dimaksud yaitu menyambung bagian antar pipa satu dengan yang lain untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Dalam dunia industri, pipa memiliki beragam jenis dan fungsi.

Jenis Fitting Pipa PVC. Mana Yang Cocok dengan Kebutuhan
Gambar: Freepik/ingram

Sehingga untuk mengaplikasikan pipa untuk fungsi tertentu maka harus lebih dulu mengetahui cara dan jenis pipa yang tepat untuk digunakan. Jenis sambungan yang berbeda biasanya didasarkan pada kebutuhan sambungan yang bervariasi, mulai dari sambungan lurus hingga sambungan berbelok ataupun bercabang.

Berikut adalah jenis fitting pipa yang banyak digunakan.

1. Elbow


Elbow adalah jenis fitting pipa untuk sambungan antar pipa dengan lintasan yang lurus. Elbow banyak digunakan untuk menyambung pipa, pipa yang disambung dengan menggunakan elbow haruslah pipa dengan ukuran yang sama. Elbow terdapat dua jenis yaitu elbow dengan drat dalam dan elbow dengan drat luar. 

2. Water Mur


Water mur adalah sambungan pipa yang berfungsi untuk menyambungkan dua buah pipa yang ujungnya tidak memounyai drat atau ulir. Penggunaannya banyak ditemukan pada pompa air ataupun filter air. Kelebihan penggunaan water mur adalah dapat dibuka dan dipasang kembali sehingga memudahkan untuk proses perawatan.

3. Fitting T


Fitting T adalah jenis sambungan yang paling banyak ditemukan pada saluran air. Fitting T berfungsi untuk mendistribusikan air pada dua unit. Bentuknya seperti huruf T atau Y yang memiliki satu inout dan dua output. Aliran air yang dikeluarkan memiliki tekanan dan volume yang sama pada keduanya.

Penggunaan Fitting Pipa di Rumah
Gambar: Freepik/bilanol


4. Reducer


Reducer adalah sambungan pipa yang fungsinya hampir mirip dengan socket, hanya saja reducer dapat menyambungkan dua buah pipa dengan ukuran yang berbeda. 

5. Trap


Trap adalah jenis fitting pipa yang menyambungkan pipa dengan lintasan dari atas ke samping. Fitting trap pada bagian bawah mempunyai tutup yang dapat ditutup dan dibuka. Hal ini akan memudahkan perawatan jika terjadi sumbatan pada aliran air.

Nah, itulah jenis fitting pipa yang banyak diaplikasikan untuk menyambungkan antar dua pipa. Sebelum kamu membeli sambungan pipa, sebaiknya lebih dulu mengetahui jenis fitting pipa yang kamu butuhkan.
SHARE

shinobi apuy

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar