5 Buah dengan Indeksi Glikemik Rendah yang Baik untuk Penderita Diabetes

anggur hijau
Diabetes yang merupakan penyakit metabolisme yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa di atas batas normal dalam darah ini dapat menyebabkan disfungsi atau kegagalan fungsi dari organ-organ di dalam tubuh bagi para penderitanya. Maka dari itu, cek gula darah setiap harinya sangat diperlukan untuk mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi. Ya, pola makan yang sehat memang sangat diperlukan untuk para penderita diabetes. Salah satu cara bagi penderita diabetes untuk mengatur pola makannya adalah dengan mengonsumsi banyak buah-buahan yang mengandung indeksi glikemik yang rendah.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum paham apa itu indeks glikemik dan pengaruhnyapada tubuh, sehingga sering mengabaikannya. Padahal, untuk Anda para penderita diabetes, memerhatikan indeks glikemik (IG) pada makanan sangatlah penting. Termasuk untuk makanan alami seperti buah sekali pun. Memilih buah dengan IG rendah tentunya lebih disarankan daripada buah dengan IG tinggi. Berikut ini adalah beberapa buah dengan IG rendah yang baik untuk kesehatan:

Anggur
Buah anggur ini merupakan salah satu buah yang mengandung kandungan glikemik yang rendah. Indeks glikemik yang dimiliki oleh anggur hanyalah sebesar 53. Selain memiliki kadar glikemik yang rendah, buah anggur juga dapat berperan dalam menjaga keseimbangan darah arena mampu untuk meregulasi insulin yang lebih baik dan juga meningkatkan sensitivitas insulin.

Apel hijau
Apel hijau merupakan buah lainnya yang tergolong memiliki indeks glikemik yang rendah sebesar 39. Apel hijau yang mengandung vitamin B1 atau tiamin ini juga dapat mengubah karbohidrat untuk menjadi energi dalam tubuh terutama untuk otak dan sistem saraf.

Kiwi
Buah kiwi yang memiliki indeks glikemik rendah sebesar 38 ini sangat cocok untuk para penderita diabetes. Dengan mengonsumsi buah yang satu ini, kadar gula darah Anda tidak akan naik sehingga menembus batas normal. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh para penderita diabetes.

Lemon
Lemon yang kaya akan serat dan vitamin C ini juga ternyata memiliki indeks glikemik yang cukup rendah dan aman bagi para penderita diabetes. Namun, karena buah ini bersifat asam ada baiknya juga untuk tetap dibatasi agar tetap aman untuk kesehatan tubuh.

Jeruk limau
Jeruk limau yang sudah diteliti oleh para ahli ini mengandung sebuah komponen hesperein atau HSEP yang bisa membantu meningkatkan produktivitas insulin untuk menyerap asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini juga pasti menjelaskan bahwa jeruk limau memiliki indeks glikemik yang rendah.

Demikianlah sederet buah-buahan yang memiliki indeksi glikemik rendah sehingga aman dan dapat membantu kondisi para penderita penyakit diabetes untuk membaik. Semoga bermanfaat!

x
SHARE

xexe

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar