Jenis Kertas untuk Mencetak Komik

Komik merupakan salah satu karya seni yang menggabungkan alur cerita dan gambar. Tidak semua orang bisa menjadi pembuat komik. Jika Anda adalah salah satu orang mempunyai bakat untuk membuat komik, tidak ada salahnya mengeluarkan bakat Anda dimulai dari komik 4 kolom dan cerita pendek ala doujinshi. Jika cerita cukup menarik, tidak ada salahnya mengirimkan kepada penerbit atau menerbitkan sendiri dengan menggunakan jasa digital printing Jakarta untuk dijual di bazar atau event komik.

Dalam pembuatan komik, Anda harus tahu betul kertas yang digunakan. Berikut ini beberapa informasi standar kertas yang perlu Anda tahu jika ingin membuat komik:

Ukuran Kertas

Seperti yang diketahui, kertas memiliki banyak ukuran. Semakin besar angka kertas menunjukan ukuran kertas yang semakin kecil. Untuk standar ukuran kertas komik adalah
A4 (210 X 297 mm) merupakan ukuran kertas yang biasa digunakan untuk pembuatan doujinshi
B4 (257 x 365 mm) adalah standar ukuran yang digunakan pembuat komik profesional

Jenis Kertas

kertas komik
  • Polos – seperti namanya, kertas ini polos tanpa noda. Pada umumnya banyak yang menggunakan jenis kertas ini untuk pembuatan sampul atau halaman pertama komik
  • Grid – kertas yan sudah dilengkapi dengan garis pinggir berwarna biru yang digunakan sebagai pengukur. Garis pinggir tersebut tidak akan tercetak ketika masuk ke percetakan. Banyak yang menyebut jenis kertas ini dengan nama Kertas Komik Tipe A.
  • 4 Koma – jenis kertas yang sudah dilengkapi dengan 4 kolom kosong. Kertas ini biasanya digunakan untuk pembuatan komik 4 kolom. Namun jangan salah, beberapa komunikus profesional tetap menggunakan jenis kertas ini untuk mempermudah pekerjaam mereka. Contoh komik yang banyak menggunakan jenis kertas ini adalah komik K K-On!, Sunshine Sketch dan Azumanga Diaoh.

Berat Kertas

Semakin berat sebuah kertas berarti semakin tebal kertas tersebut. Kertas yang tebal lebih tahan menghadapi hapusan, garis, pewarnaan dan tone. Selain itu, kertas yang lebih tebal tidak mudah lecet. Pada umumnya, kerta yang digunakan saat pembuatkan komik memiliki ketebalan:
  • 110 kg (243 lb)
  • 135 kg (298 lb)
Nah, sekarang Anda tahu jenis kertas apa yang perlu Anda beli untuk membuat komik. Namun tidak ada salahnya meminta saran lebih dalam mengenai kertas yang cocok untuk komik kepada kominikus profesional atau pihak penerbit komik. Semangat!! –hm-
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar