Agar Anak Aman di Rumah

Menjaga anak tempat aman tidak cukup hanya melakukan pengawasan berlipat saja. Tidak peduli di mana tempat tinggal Anda, entah di kompleks perumahan atau bahkan di apartment mega kuningan, bahaya tetap bisa mengintai anak Anda. Rumah, sebagai tempat berlindung, seharusnya bisa menjadi tempat teraman untuk si kecil. Akan tetapi, jangan salah. Rumah juga bisa menjadi tempat berbahaya untuk anak, lho. Ikuti cara-cara berikut ini untuk supaya si kecil tetap aman di rumah:
anak aman dirumah
  • Jangan biarkan si kecil sendirian saat mandi atau berenang di kolam belakang rumah. Air ternyata bisa menjadi elemen yang berbahaya juga untuk anak, lho. Air bisa menenggelamkan dan juga bisa mencelakakan si kecil. Selalu awasi pergerakan anak saat bermain air dan jangan biarkan mereka hilang dari pandangan Anda.
  • Simpan produk pembersih dari jangkauan anak. Produk pembersih seperti deterjen, cairan pewangi lantai, dan lain sebagainya memiliki kemasan yang berwarna dan menarik perhatian anak. Akan sangat berbahaya sekali bukan jika anak menarik produk pembersih ini dan tanpa sengaja tertelan atau terkena mata? Jadi, selalu simpan produk pembersih ini di dalam laci atau di mana pun yang tidak tertangkap mata anak. Lapisi permukaan lantai yang licin dengan karpet atau tikar antiselip. Beberapa bagian di rumah Anda pastinya memiliki permukaan yang licin jika terkena air atau terkena debu tebal. Untuk mengantisipasi kemungkinan si kecil terpeleset, lapisi permukaannya dengan karpet atau tikar antiselip.
  • Pasang pagar pembatas. Untuk menjaga agar si kecil tidak masuk ke ruangan-ruangan penting yang bisa membahayakan keselamatannya, seperti ruang dapur atau gudang, pasang pagar pembatas yang memiliki kunci sehingga anak tidak bisa memasukinya. Percaya tidak percaya, cara ini sudah dilakukan oleh para orangtua di negara barat sana, lho.
  • Hindari benda-benda berujung tajam. Ketika memilih furnitur untuk mengisi rumah, pastikan bahwa ujung sudutnya tidak memiliki pinggiran tajam karena bisa melukai anak. Lebih baik membeli furnitur yang ujung sudutnya tumpul sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, anak tidak akan terluka terlalu dalam.
Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengamankan si kecil. Selamat mencoba!
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar