Intip Denah Gedung Melalui Google Maps

google maps see inside
Ketika pertama kali mengunjungi sebuah gedung besar, tidak jarang kita merasa kebingungan untuk menemukan lokasi atm, kantin, atau bahkan parkiran. Tidak mengherankan, sebab gedung-gedung perkantoran di daerah Jakarta atau office tower mega kuningan, misalnya, memang memiliki kawasan yang cukup besar sehingga membingungkan pengunjung untuk mencari sebuah lokasi. Bagi karyawan yang setiap hari mengunjungi gedung perkantoran tersebut, menemukan sebuah lokasi yang diinginkan tidaklah sulit. Namun bagaimana untuk orang yang baru pertama kali mengunjunginya karena keperluan tertentu atau ada meeting misalnya?

Bertanya pada satpam gedung, mungkin bisa menjadi alternatif termudah untuk melakukannya. Tapi, kalau Anda adalah orang yang malas bertanya, don’t be worry and be happy! Sekarang ini, Anda bisa menggunakan ponsel Anda untuk menemukan lokasi yang dituju. Yap, Google Maps kini merilis fitur baru dari rangkaian petanya. Anda bisa melihat ‘isi’ sebuah gedung dan melihat lokasi-lokasi penting yang ada di sana. Mulai dari ATM Center, toilet, ruang kantor, pantry, musola, kantin, dan lain sebagainya.
google map see inside

Lewat fitur FloorMaps, pengguna bisa melihat detail lokasi pada setiap lantai yang ada di gedung perkantoran tersebut. Sistemnya tidak jauh berbeda dengan sistem Google Maps pada umumnya, di mana pengguna bisa memantau pergerakan ponsel menuju lokasi yang dituju dengan titik biru yang berpendaran. Pengguna pun bisa melakukan zoom-in untuk melihat ruang apa yang ada di dekat pengguna dalam ruangan tersebut.

Kabarnya, 60 tempat di 13 wilayah Indonesia sudah bisa menikmati layanan ini. Gedung yang bisa dilihat bagian denah dalamnya pun bukan hanya gedung perkantoran saja tetapi juga meliputi mall dan bandara. Untuk developer gedung yang ingin bagian dalam gedungnya terdeteksi oleh Google Maps, bisa mendaftarnya melalui tautan yang tersedia dengan label floorplans.

Fitur ini baru dirilis dan bisa dinikmati oleh pengguna Android saja. Untuk pengguna iOS, Anda terpaksa harus gigit jari karena fitur ini belum dirilis untuk Apple. Bersabarlah karena jika sudah waktunya dan sudah dipatenkan, maka fitur ini bisa digunakan melalui seluruh perangkat elektronik. Selamat mencoba!
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar