Memilih Meja Makan yang Tepat

meja makan persegi panjang
Untuk suasana yang hangat dan homey, pada umumnya kita akan memilih mebel kayu jati. Bahkan, bagi yang sudah mengenal kayu jati dengan baik dan sudah merasakan bagaimana kualitasnya, mereka akan setia memilih mebel yang terbuat dari kayu jati dibandingkan dengan bahan lainnya. Jika dulu bentuk mebel kayu jati seragam dengan perbedaan hanya pada ukiran, sekarang pilihan mebel kayu jati semakin banyak terutama untuk meja makan. Meja makan yang identik dengan kebersamaan dan keluarga tentu tidak bisa sembarangan dipilih. Agar kita tidak salah memilih meja makan yang tepat untuk apartemen atau pun rumah, berikut ini beberapa cara yang bisa kita ikuti :

Ukuran Meja Makan

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah memilih meja makan yang terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk menghindari masalah ini, pastikan kita sudah mengukur ruang makan terlebih dahulu. Setelah mengetahui ukuran ruangan, kurangi 42-48 inci karena kita perlu memastikan meja makan berjarak 42-48 inci dari dinding terdekat. Dari sini, kita bisa mendapatkan gambaran berapa besar meja makan yang bisa muat dalam ruang makan di apartemen atau rumah kita.

Berapa Banyak Anggota Keluarga

meja makan bundar
Jumlah anggota keluarga yang tinggal di rumah menjadi salah satu kriteria dalam memilih meja. Kan tidak lucu, jika kita hanya tinggal berdua namuan membeli meja makan untuk 20 orang. Pemborosan tempat yang sangat luar biasa kecuali rumah atau apartemen tempat kita tinggal memang super super gede dan luas.

Jangan juga memilih meja yang terlalu kecil jika memiliki anggota keluarga 5-6 orang. Jika ruangan kecil dan kita memiliki anggota keluarga yang banyak, disarankan untuk memilih meja makan berbentuk bundar. Pada saat memilih meja makan bentuk bundar, pastika kita mencoba menekan ujung meja sebelum membeli. Ini dilakukan agar kita tahu bahwa kaki meja makan bundar tersebut memang kokoh. Jika suka mengadakan acara makan bareng rekan kerja, sahabat atau keluarga besar, carilah meja makan bundar yang bisa dibuat menjadi oval sehingga semakin banyak orang yang bisa duduk. Sekarang sudah banyak meja makan bundar yang bisa ditarik sehingga menjadi meja oval.

Kualitas Meja Kayu Jati

Pastikan meja makan kayu jati yang kita pilih memang bagus dan bisa awet untuk waktu lama. Berikut ini beberapa ciri meja makan kayu jati yang berkualitas:
  • Tidak terdapat cocoh atau lubang-lubang kecil yang disebabkan oleh rayap pada permukaan. Klo udah bisa dilubangi sama rayap, berarti umur meja makan kayu jati tersebut tidak akan lama.
  • Cari mebel yang terbuat dari kayu jati tua. Biasanya kayu jati akan dianggap tua jika sudah berumur minimal 20 tahun. Ciri-ciri kayu jati tua adalah berwarna cokelat kemerah-merahan, warna rata (ya iyalah, udah tue)dan berbobot / berat.
  • Cat pelapis merata pada permukaan mebel serta menutupi pori-pori kayu secara sempurna. Cara mengetesnya cukup gampang, kita hanya perlu meraba keseluruhan permukaan. Jika halus berarti proses pelapisannya bagus.
Sudah tahukan cara memilih meja makan yang tepat? Saatnya hunting meja makan, yuk !! –hm-
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar