Rutin Konsumsi Vitamin B, Manfaat Ini Bisa Kamu Peroleh (II)

vitamin B
image source: Myprotein USA
Selain penting mendapatkan manfaat vitamin C, tubuh pun memerlukan yang namanya memperoleh asupan nutrisi dari vitamin B. Vitamin B sendiri merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan tubuh karena memberikan banyak manfaat. Misalnya, mencegah risiko tubuh terserang penyakit beri-beri, melancarkan peredaran darah dan sistem pencernaan, mengubah karbohidrat menjadi energi, menjaga kesehatan tubuh, membentuk sel darah merah di dalam tubuh, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, kandungan yang tersimpan di dalam vitamin B ini pun memiliki manfaat lain, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Vitamin B5. Vitamin B5 (pantotenat) sendiri berperan untuk mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi, serta membentuk hormon dalam tubuh. Setiap harinya tubuh memerlukan vitamin B1 ini sebanyak 5 mg. Dimana bisa didapatkan melalui alpukat, kembang kol, brokoli, dan olahan susu. 
  • Vitamin B6. Vitamin B6 (piridoksi) memiliki peranan untuk membentuk sel darah sekaligus menjaga metabolisme asam amino dalam tubuh. Biasanya, tubuh memerlukan sekitar 1.3 mg. Namun, untuk ibu hamil maupun menyusui membutuhkan sekitar 2 mg vitamin B6 ini. Asupan vitamin ini bisa diperoleh melalui makanan sehat berupa kentang, hati, ikan, buah-buahan, dan ayam. 
  • Vitamin B9. Vitamin B9 (asam folat) merupakan senyawa yang penting untuk tubuh dan mempunyai manfaat untuk perkembangan sekaligus pertumbuhan tubuh. Selain tubuh, vitamin B9 ini pun berperan untuk membantu membentuk sistem saraf dan otak pada janin di dalam kandungan. Biasanya, tubuh membutuhkan asupan vitamin dari B9 ini sebesar 400 mcg, sedangkan untuk ibu menyusui sekitar 500 mcg, dan ibu hamil sebanyak 600 mcg. 
  • Vitamin B12. Vitamin B12 (sianokobalamin) berfungsi untuk menjaga kesehatan pada sistem saraf otak dan membentuk sel darah di tubuh. Vitamin ini bisa didapatkan dari ikan, hati, susu olahan, serta daging. Asupan vitamin B12 yang harus dipenuhi setiap harinya adalah sebesar 2,4 mcg. Akan tetapi untuk ibu hamil dan menyusui sebanyak 2,6 mcg – 2,8 mcg. 

Itulah sejumlah manfaat yang akan didapatkan apabila rajin mengonsumsi vitamin B. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat! Dan bagi yang belum membaca part 1 manfaat rutin konsumsi vitamin B, mongo dicek dulu–SH–
SHARE

xexe

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar