Rutin Konsumsi Vitamin B, Manfaat Ini Bisa Kamu Peroleh (I)

vitamin B
image source: GymJunkies
Agar tubuh tetap sehat, sudah sewajarnya kita memerhatikan segala asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Ini bukan tanpa alasan, karena salah dalam pemilihan makanan maka dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap penyakit baik berbahaya maupun ringan. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi, termasuk di dalamnya vitamin B. Vitamin B sendiri merupakan salah satu senyawa yang larut di dalam air, dan memiliki peranan untuk membantu metabolisme sehingga bisa dijadikan sebagai suplemen untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, rutin mengonsumsi vitamin B, maka akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini;

  • Vitamin B1. Vitamin B1 (thiamin) adalah bagian dari vitamin yang bisa ditemukan langsung di dalam makanan seperti daging, ragi, gandum, dan kacang-kacangan. Setiap harinya, kita dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B1 ini sebanyak 1,1 mg – 1,5 mg. Jika kurang, bisa berisiko terserang penyakit beri-beri. Gejalanya ditandai dengan kaki dan tangan kehilangan rasa raba, mengalami kelumpuhan, bahkan gagal jantung. Maka dari itu, disarankan untuk kamu selalu mengonsumsi vitamin B1 ini, agar bermanfaat untuk menghindari munculnya penyakit beri-beri.
  • Vitamin B2. Vitamin B2 (riboflavin) berperan penting untuk melancarkan saluran pencernaan dan darah sekaligus menjaga kesehatan kulit. Tidak cukup sampai disitu, vitamin satu ini pun memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri pada otot, mencegah munculnya jerawat, serta meningkatkan imunitas di tubuh. Anjuran mengonsumsi vitamin ini adalah sekitar 1,1 mg – 1,6 mg yang bisa diperoleh melalui sayuran hijau, susu olahan, kacang-kacangan, dan daging.
  • Vitamin B3. Vitamin B3 (niasin) memiliki manfaat untuk memecah segala makanan yang masuk ke dalam tubuh selanjutnya diubah menjadi energi. Biasanya, asupan vitamin yang dianjurkan dari vitamin B3 ialah sebesar 14 – 16 mg. Dimana, bisa didapatkan dari kacang-kacangan, daging, ikan, dan susu olahan. Apabila kamu kekurangan vitamin B3 ini, dapat berisiko terserang pellagra yang ditandai dengan munculnya diare, gangguan fisik, serta peradangan pada membran. mukosa. 

Melihat vitamin sangat berperan untuk tubuh, alangkah baiknya rutinlah mengonsumsi vitamin ini. Ah, masih ada loh vitamin lainnya yang juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh, tunggu di bagian dua, ya! –SH–
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar