Mudah Mengantuk di Siang Hari?

tidur
Rasa kantuk yang kerap menyerang di siang hari setelah makan siang memang menjadi ‘penyakit’ yang sering dialami oleh pekerja kantoran. Di tengah banyaknya email yang masuk melalui internet kantor, entah mengapa kedua mata kita terasa berat dan rasanya ingin segera tidur dan mengistirahatkan mata. Kita sering menyangka bahwa kondisi ini bisa timbul karena kita merasa kekenyangan setelah makan siang. Padahal, rasa mudah ngantuk bisa timbul dari beberapa hal lho. Di antaranya adalah:
ngantuk
  1. Rasa lelah akibat kurang tidur. Ketika kita kurang tidur, maka waktu tidur yang kurang itu akan terakumulasi dan kembali menyerang di pertengahan hari. Apalagi setelah istirahat siang perut kita sudah terisi sehingga terasa kenyang. Inilah yang kemudian membuat kita merasa sangat mengantuk hingga tak jarang jatuh tertidur di tengah pekerjaan. Solusi untuk mengatasinya? Jaga waktu tidur kita dan beristirahatlah yang cukup.
  2. Sleep Apnea. Mungkin sebagian besar dari kita masih banyak yang belum mengetahui apa itu sleep apnea. Sleep Apnea adalah henti napas ketika tidur yang mungkin lebih kita kenal dengan sebutan ngorok. Bagi sebagian orang, ngorok merupakan situasi yang wajar dan bisa terjadi setiap kali kita tidur. Padahal, situasi ini bukanlah situasi yang normal dan bisa membuat tidur kita tidak nyenyak dan tidak segar begitu terbangun dari tidur.
  3. Kurang nutrisi. Tubuh memang perlu nutrisi yang tepat untuk agar dapat berfungsi secara maksimal. Untuk itu, ketika tubuh kita kekurangan nutrisi, maka yang terjadi selanjutnya adalah tubuh menjadi kurang tenaga dan sangat mudah untuk terserang kantuk di siang hari. Solusinya adalah dengan memakan asupan yang cukup dan seimbang supaya nutrisi di tubuh menjadi terpenuhi.
  4. Mengonsumsi terlalu banyak kafein. Biasanya, ketika kita mengantuk, kita akan segera meminum kopi atau teh untuk menghalau rasa kantuk. Nah, sebaiknya hal tersebut segera dikurangi ya. Pasalnya, ketika tubuh kita terlalu banyak mengonsumsi kafein, maka tubuh akan menjadi lelah.
Nah, kamu termasuk ke dalam golongan yang mana?
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar