Penyebab Kecelakaan Kerja Pada Forklift

alat berat
Forklift adalah salah satu alat angkut yang paling umum digunakan untuk berbagai industri. Alat ini, sering ditemukan di lokasi pergudangan atau sejenisnya. Seiring dengan berkembangnya perindustrian di Indonesia, membuat alat berat ini semakin banyak dibutuhkan. Pengguna yang semakin banyak, tentunya akan berdampak pada kebutuhan spare part alat berat komatsu yang juga semakin meningkat. Hal ini tentunya akan berkaitan, karena setiap spare part pasti memiliki usia pakai. Jika sudah melebihi usia pakainya, spare part tersebut wajib untuk diganti. Karena itulah, semakin banyak yang menggunakan alat ini, akan berbanding lurus dengan kebutuhan spare partnya.

Penggantian spare part yang tidak dilakukan secara berkala, tidak hanya bisa menyebabkan forklift lebih cepat rusak, tetapi juga sangat berbahaya karena berisiko menimbulkan kecelakaan kerja. Namun, masalah spare part ini hanyalah salah satu penyebabnya, karena masih ada beberapa penyebab lainnya.

Human error

human error
Human error bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab terbesar dari terjadinya kecelakaan kerja. Setiap operator yang akan mengendarai forklift haruslah mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Namun, maskipun sudah mengikuti pelatihan ini, mungkin saja operator ini hanya mengerti secara teori dan belum benar-benar menguasai praktek langsung. Selain itu, jika konsentrasi dari operator ini terganggu, juga akan beresiko operator mengalami kesalahan saat mengoperasikan forklift. Kehilangan konsentrasi ini bisa terjadi akibat beberapa hal, seperti kurang tidur, stres, kelelahan, dan berbagai penyebab lainnya.

Kualitas dan penggunaan forklift yang salah

Jika forklift yang digunakan ternyata memiliki kualitas yang tidak baik, tentunya akan beresiko menyebabkan terjadinya kecelakaan. Apalagi, jika alat berat ini digunakan secara asal atau melebihi kapasitas kemampuannya. Hal ini akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja.

Kejadian tak terduga

Operator sudah terlatih dan dalam kondisi sehat, alat berat juga dalam kondisi baik, namun tetap saja ada kemungkinan kecelakaan terjadi akibat kejadian yang tidak terduga. Ada banyak hal yang termasuk ke dalam kategori ini, misalnya barang yang telah disusun tiba-tiba roboh, atau hal lainnya.

Melakukan preventive maintenance pada Alat berat dan beristirahat dengan cukup sebelum mengoperasikan forklift merupakan cara terbaik untuk mencegah kecelakaan kerja. Namun, jangan lupa untuk berdoa agar terhindar dari hal yang tak terduga yang berisiko meningkatkan terjadinya kecelakaan kerja. (Vita)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar