Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Perjalanan ke US

Ingin berlibur ke US? Satu hal yang pasti Anda harus bisa adalah bahasa inggris. Untuk survive di sebuah negara yang mayoritas berbahasa inggris adalah menguasai bahasanya.  Jika tidak bisa, pastikan Anda belajar bahasa inggris untuk pemula selama 1-2 tahun, sebelum hari keberangkatan Anda. Tentu selain bahasa, ada banyak hal yang perlu Anda siapkan untuk perjalanan ke US adalah
  • Miliki paspor. Sebelum Anda melakukan booking hotel, tiket pesawat dan membuat visa, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat paspor. Tidak punya paspor berarti tidak bisa keluar negeri.
  • Cari hotel dan tiket pesawat yang cocok dengan budget Anda. Loh, kok booking hotel dan tiket pesawat? Bukannya buat visa dulu? Pada saat pembuatan visa, Anda akan ditanya dimana Anda akan tinggal selama ada di AS. Jika Anda tidak memiliki jawaban yang pasti, visa Anda bisa terancam tidak keluar sehingga untuk AMANnya, pastikan Anda sudah memiliki tempat untuk stay selama di AS. Untuk pencarian hotel dan tiket pesawat sekarang sudah sangat mudah dengan adanya internet. Luangkan waktu setidaknya 5 jam untuk menemukan hotel dan tiket pesawat yang pas.
  • Ajukan visa melalui Kedubesan Amerika yang ada di Indonesia 6 bulan sebelum keberangkatan.  Dalam pembuatan biasa, Anda perlu membayar biaya pengajuan visa non-imigran (uang tidak bisa dikembalikan jika Anda tidak lulus wawancara).  Selain itu, Anda perlu melengkapi aplikasi Visa Elektronik Nin Immigrant (DS-160), membuat jadwal wawancara, menyiapkan semua dokumen yang diminta dan datang ke Kedubes AS sesuai jadwal wawancara. Pada saat hari H wawancara, Anda perlu membawa dokumen konfirmasi aplikasi DS-160, konfirmasi jadwal wawancara, 1 foto terbaru Anda, Paspor baru dan lama dan dokumen lain yang diminta.
Note: untuk peraturan dan dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan Visa, bisa langsung di cek di situs Kedubesan Amerika. Ingat biaya dan peraturan bisa berubah sewaktu-waktu jadi lebih aman cek situs Kedubesan langsung.
  • Buat rute perjalanan dan tukar uang Rp ke Dollar. Ketika visa sudah disetuju, Anda perlu merencanakan rute perjalanan liburan Anda. Untuk memastikan Anda bisa membeli makanan dan berbelanja di AS, And perlu menukar uang Anda dengan dolar.
  • Siapkan koper. Untuk mempermudah perjalanan Anda, ada baiknya memiliki koper terutama jika Anda berencana membawa oleh-oleh dalam jumlah yang banyak. Dalam perjalanan keluar negeri, Anda tidak bisa membawa banyak barang tentengan di tangan. Untuk barang cair seperti parfum, letakan di koper agar disimpan di bagasi pesawat. Jika ditenteng di tangan, kemungkinan besar parfum Anda akan dibuang. –hm-
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar