Mengenal Fiber Internet Secara Umum

Apa yang akan kalian pilih ketika akan memasang internet di rumah? Apakah fiber internet, internet dengan kabel coaxial, ataukah wireless internet? Mungkin beberapa akan memilih fiber internet bila dibandingkan dengan kabel coaxial atau wireless internet. Apalagi, semakin banyak pengguna fiber internet yang mengatakan bahwa koneksi internet mereka lebih cepat dan stabil sejak menggunakannya. Hal ini tentunya akan membuat kita semakin merasa yakin untuk memilih fiber internet dibandingkan dengan yang lain. Lalu, memangnya fiber internet itu apa yah? Mari, kita sedikit belajar mengenai Fiber Internet secara umum.
fiber internet

Fiber internet, adalah koneksi internet yang menggunakan fiber optic sebagai media untuk mentransmisi datanya. Fiber optic sendiri, adalah sebuah teknologi kabel yang terdiri dari sekumpulan serat kaca berukuran sangat kecil (hanya sekitar 120 mikrometer), dan mampu mentransmisi sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat yang lain. Kaca merupakkan media yang sangat baik untuk mentransmisi sinyal cahaya, karena itulah proses pengiriman atau transmisi sinyal akan dapat berjalan dengan lancar meskipun terdapat lengkungan pada beberapa bagian kabel. Selain itu, lapisan cladding yang melapisi serat kaca ini secara langsung juga berfungsi memantulkan kembali sinyal cahaya yang terpancar keluar agar kembali ke dalam serat kaca.

Perkembangan teknologi fiber optic saat ini telah menghasilkan pengurangan atau pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibles (dB / Km), dengan lebar jalur bandwidth yang semakin besar. Dengan begini, kemampuan fiber optic untuk mentransmisi data akan semakin meningkat dan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan kabel coaxial.

Sejak tahun 1997, fiber optik ini telah digunakan di seluruh dunia untuk menjadi salah satu media transmisi dalam sarana telekomunikasi. Fiber optik ini bahkan telah menghubungkan seluruh dunia, dan Fiber Optic Link Around the Globe (FLAG) menjadi sebuah jaringan kabel terpanjang di seluruh dunia yang menyediakan infrastruktur untuk generasi internet baru.

Semakin berkembangnya teknologi, tidak menutup kemungkinan kemampuan fiber optic ini akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Atau, bisa jadi justru akan muncul sebuah teknologi kabel baru yang akan menggantikan fiber optic. Entahlah, kita lihat saja perkembangannya nanti. (Vita)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar