Backup Foto dengan Bantuan Cloud Service

cloud servis untuk foto
Trend selfie telah lama meranda masyrakat Indonesia dan negara-negara lainnya. Setiap harinya lebih dari 100 foto selfie baru yang diposting di Social Media seperti Instragram, Path, Facebook, dan Snapchat. Bahkan tidak sedikit pembisnis yang meliat trend selfie sebagai peluang bisnis. Beberapa produk yang diluncurkan untuk memuaskan perminat selfie adalah Tongsis, Tomsis dan Camera Wifi (GoPro).

Kehabisan tempat untuk menyimpan foto selfie? Jawaban untuk permasalah  ini adalah cloud service.

Beberapa jasa cloud service memperbolehkan kita menyimpanan data berupa dokumen, foto, music maupun video di sebuah tempat penyimpanan data dimana data-data tersebut tidak kaan memakan memori dari gadget atau perangkat komputer kita

Contoh sederhana penggunaan cloud service dalam kehidupan sehari-hari adalah EMAIL. Email, baik dibuat menggunakan Google, Yahoo atau Window menggunakan sistem cloud. Semua data dalam email tersebut hanya akan memakan quota cloud service sehingga bisa dibilang data tersebut tidak akan menghabiskan memori dari gadget atau perangkat komputer kita terkecuali kita memutuskan untuk mendownload dan menyimpan data download tersebut di gadget atau perangkat komputer. Jadi sekarang tahu apa itu cloud service? Semoga semuanya mengerti dengan penjelasan yang seadanya.

Terdapat beberapa website yang menawarkan cloud service  untuk menyimpan foto dengan quota yang diberikan secara gratis seperti

Google Photo

Google Photo
Tempat penyimpanan foto dan video permanen yang diluncurkan oleh Google pada tanggal 28 Mei 2015. Servis Google ini terhubung dengan Google+.  Google mengklaim bahwa servis Google Photo ini memiliki quota yang tidak terbatas (OHHH OMG, benarkah? Ya, benar sekali) untuk foto dan video. Google hanya membatasi resolusi maksimal foto 16 megapiksel dan video 1.080 piksel. Tentu dengan tawaran ini, Google Photo berhasil mengalahkan iCloud (Apple) yang hanya berkapasitas 5 gigabita dan Flickr (Yahoo) dengan kapasitas 1 terabita.

Shoebox

shoebox
Tempat penyimpanan ini juga menawarkan servis penyimpanan foto unlimited berbasis cloud seperti Google Photo. Service Shoebox sudah diluncurkan lebih awal daripada Google Photo. Shoebox diluncurkan oleh perusahaan 1000Memories. Berbeda dengan Google Photo yang menawarkan unlimited storage untuk Video, Shoebox membatas hanya bisa menyimpanan maksimum 15 menit. Untuk 1 video yang disimpan hanya boleh max. 3 menit sehingga bisa dibilang kita hanya bisa menyimpan 5 video. Jika ingin storage yang lebih besar untuk menyimpan video, kita perlu membayar sewa $5 per bulan.

Klo dari 2 pilihan di atas, Google Photo lebih unggul. Namun itu kembali lagi kepada pilihan masing-masing. –hm-
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar