Beli motor bekas? Kenapa tidak?

Ketika motor sudah tidak lagi berfungsi normal meski kita sudah melakukan servis dan penggantian secara berkala atau bahkan dengan mengganti olinya dengan oli motor terbaik, itu artinya sudah saatnya kita memikirkan alternatif lain.  Salah satunya adalah dengan menjual motor kita dan membeli yang baru. 

Akan tetapi, bagaimana jika kita sedang tidak punya uang? Atau bagaimana jika seandainya uang kita hanya cukup untuk membeli motor bekas? Jangan khawatir, membeli motor bekas asal kualitasnya bagus, juga tidak kalah dengan motor baru, kok. Simak tips aman membeli motor bekas berikut ini!

Kelengkapan surat-suratnya.

beli motor
Surat merupakan alat legitimasi yang sah dan wajib dicek keaslian dan kelengkapannya ketika kita hendak membeli sesuatu. Untuk itu, penting bagi kita untuk melihat STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya. Kita tentunya tidak mau mendapatkan motor hasil curian dengan STNK palsu, bukan? Untuk itu, hal pertama yang harus kita teliti dari calon motor yang ingin kita beli adalah surat-surat. Selain itu, ada baiknya jika kita memeriksa terlebih dahulu catatan dari kepolisian mengenai kendaraan tersebut, untuk memastikan bahwa motor tersebut tidak pernah digunakan untuk melakukan pelanggaran hukum dalam bentuk apapun.

Periksa dengan teliti kondisi bodi motornya.

Meski membeli motor bekas, bukan berarti kita harus menerima saja kondisi motor dari si pemilik terdahulu. Kita juga harus jeli melihat dan menanyakan apakah suku cadang yang digunakan masih asli atau sudah dioprek. Kalau kamu tidak terlalu mengerti dunia otomotif, ajaklah teman atau kerabat yang paham soal motor. Memeriksa body motor deengan teliti ini juga penting, untuk mengetahui apakah motor ini pernah terlibat kecelakaan yang cukup parah atau tidak. Hal ini penting, karena sangat berpengaruh pada performa motor. Jangan lupa juga untuk mengecek kelengkapan mesin dan komponen lainnya dalam motor, ya!

Cek kondisi mesin.

Surat-surat lengkap, bodi motor oke, lalu apalagi? Ketika kedua poin di atas sudah membuat kita merasa sedikit yakin dengan motor yang akan kita beli, terakhir adalah mencoba mesinnya. Jangan malu untuk meminta izin kepada pemilik untuk menjajal mesinnya. Tidak usah mengemudi jauh-jauh, cukup kendarai di sekitaran rumah pemilik saja. Cobalah rasakan perpindahan giginya ketika dikendarai, bagaimana remnya, dan juga bagaimana bunyi mesinnya. Kita pun harus cukup cerdik saat mencoba mengendarainya. Perhatikan baik-baik apakah ada hal yang aneh atau tidak.
Nah, setelah menyimak tiga tips di atas, apakah kamu masih ragu untuk membeli motor bekas? (Tr)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar