Lakukan Kegiatan Ini Sebelum Naik Gunung

Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrem seperti mengendarai sepeda MTB dari atas ketinggian, bungee-jumping, dan lain sebagainya, pasti akan mengangguk setuju jika diajak menjelajah gunung-gunung tertinggi di Indonesia. Mendaki gunung kini bukan lagi dianggap sebagai sebuah olahraga melainkan bagian dari gaya hidup. Banyak masyarakat yang tergoda untuk mencicipi pemandangan dari atas ketinggian tertentu yang menakjubkan. Nah, bagi Anda yang ingin mendaki gunung dalam waktu dekat, yuk lakukan beberapa kegiatan sederhana berikut ini agar aktivitas mendaki bisa berjalan lancar.
lari pagi
  • Biasakan berlari seminggu atau dua minggu sebelum mendaki. Kebiasaan berlari akan melatih otot kaki Anda menjadi kuat sebab ketika mendaki gunung, stamina dan kekuatan kaki adalah hal yang terpenting. Lari adalah olahraga kardio paling sederhana yang memadukan kerja jantung, stamina tubuh, pernapasan, dan juga ketangkasan kaki. Jika Anda tidak terbiasa berlari, maka Anda pun akan kesulitan dalam menaklukan medan di gunung karena harus beristirahat berkali-kali.
  • Mengendarai sepeda dengan medan yang menanjak. Satu lagi yang harus dihadapi ketika mendaki gunung: medan yang menanjak dengan permukaan yang tidak rata. Untuk menaklukannya, Anda memerlukan kerja jantung yang baik dan pernapasan yang teratur. Untuk itu, Anda harus mulai membiasakan diri dengan medan yang tidak ramah dan untuk itu, cobalah untuk mengendarai sepeda pada tanjakan dan medan yang sulit dilalui. Pst, sama seperti berlari, kegiatan ini juga bisa memperkuat otot kaki Anda loh.
  • Berenang. Semakin tinggi gunung yang Anda daki, oksigen yang Anda dapat pun semakin tipis. Anda akan semakin susah bernapas dan dada pun akan semakin sesak. Berenang akan membuat Anda merasa terbiasa dengan kondisi udara yang tipis dan tidak ada oksigen. Sebab ketika berenang, Anda diharuskan untuk ‘tetap bergerak’ di bawah air meski udara yang Anda hirup sangatlah terbatas.
  • Push up. Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah memperkuat stamina dan daya tahan tubuh. Untuk melatihnya pun sederhana saja, Anda tinggal melakukan push-up dengan rutin. Push up juga melatih otot tangan Anda agar kuat ketika mendaki loh. (Tr)

SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar