Diet Sehat untuk Ibu Hamil

Menjaga bentuk tubuh saat hamil nyaris dikatakan sebagai hal yang mustahil. Sebab seberapa kerasnya Anda menjaga bentuk tubuh ketika hamil, tubuh Anda pasti akan mengalami perubahan mulai dari bagian perut hingga bokong. Namun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan diet sehat Anda, loh. Ketika hamil, Anda juga perlu memperhatikan makanan ibu hamil yang masuk ke dalam tubuh Anda untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

diet saat hamil
1. Minum minimal delapan gelas per hari untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Saat hamil, tubuh Anda terus berubah dan berkembang. Tubuh pun akan terus menyesuaikan diri dengan kehidupan baru yang ada di dalam perut. Air akan menjaga kehidupan tersebut dari kemungkinan dehidrasi. Nah, jika Anda malas meminum air, tambahkan potongan lemon, jeruk limo, mentimun, jeruk, mangga, atau potongan buah lainnya untuk menambah rasa.

2. Sayur dan buah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah dan sayur bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh. Tidak mengherankan bahwa orang yang sedang berdiet pasti disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur. Nah, ketika hamil, tubuh akan membutuhkan banyak kandungan vitamin dan mineral yang banyak terkandung di dalam tubuh. Selalu jaga asupan buah dan sayur setiap harinya agar kandungan Anda tetap terjaga.

3. Tambahkan asupan makanan yang mengandung beta karoten. Jika Anda kebingungan untuk mencari makanan berbeta karoten, konsumsi saja wortel setiap harinya tanpa terkecuali. Sebab, wortel mengandung vitamin A plus beta karoten yang bermanfaat untuk tubuh. Beta karoten akan membantu sistem imun tubuh untuk menangkis seluruh radikal bebas dan memastikan bahwa sistem pertahanan tubuh dalam keadaan siaga.

4. Makanan yang terbuat dari gandum. Ketika hamil, serat akan menjadi sahabat baik Anda. Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung serat akan mencegah konstipasi dan kemungkinan wasir. Serat terdapat dalam makanan yang terbuat dari gandum, dengan demikian usahakan Anda menyisipkan makanan bergandum di dalam jadwal harian Anda. Seperti roti atau bahkan camilan-camilan berserat lainnya.

Mengonsumsi berbagai makanan sehat dan menghindari berbagai makanan yang harus dihindari saat hamil akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan janin yang berada dalam kandungan. Karena itulah, pastilah untuk melakukannya. (Tr)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar