Fungsi Sistem Pelumas Pada Kendaraan Bermotor

Sebagai pengguna sepeda motor, Anda tentunya ingin selalu menggunakan oli motor terbaik untuk melapisi komponen mesin Anda. Memilih jenis oli yang terbaik sangatlah penting, karena oli memiliki pengaruh yang besar pada sistem pelumasan saat mesin bekerja. Sistem pelumas adalah komponen yang saling bahu-membahu untuk melapisi setiap partikel mesin dengan pelumas. Sementara, fungsi pelumas (oli) adalah melapisi permukaan komponen mesin dan mencegahnya untuk saling bergesakan langsung. Selain itu, masih ada beberapa fungsi lain dari pelumas, yaitu:
oli pelumas
  • Mengurangi gesekan. Seperti yang sudah Anda ketahui, mesin sepeda motor terdiri atas beberapa komponen di dalamnya, baik yang terus bergerak atau yang diam. Komponen yang terus bergerak akan terus bergesekan dan lama kelamaan akan membuat komponen haus. Gesekan antar komponen itu bisa pula menghasilkan kotoran dan panas yang nantinya akan berdampak pada kinerja mesin. Untuk itu, dibutuhkan pelumas yang sesuai dengan kondisi mesin agar oli bisa bekerja dengan maksimal.
  • Mendinginkan mesin. Anda mungkin mengenal oli spesialis dingin yang akhir-akhir ini marak di tengah masyarakat. Seperti yang sudah disebutkan di poin satu, kinerja mesin akan menghasilkan panas dari gesekan antar komponen dan juga melalui proses pembakaran. Nah, oli spesialis dingin ini bisa membantu mengurangi panas dan mendinginkan mesin.
  • Mengurangi kebocoran Di dalam mesin motor terdapat sebuah piston yang memiliki celah tertentu di antara silindernya. Pelumas berfungsi untuk mengurangi kebocoran dengan membuat lapisan oli di antara kedua bagian tersebut. Sifat pelumas yang mirip air membuatnya dapat mengisi celah-celah tertentu dengan mudah.
  • Meredam benturan. Ada beberapa bagian mesin yang bekerja dengan gaya naik turun dan menerima tekanan dengan tingkat tertentu. Untuk mengurangi benturan dan suara mesin yang berisik, oli akan melapisi bagian-bagian tertentu sehingga suara mesin motor akan menjadi lebih halus dan tidak kasar.
  • Mencegah terbentuknya karat. Kontak langsung antara komponen mesin yang terbuat dari logam bisa membuat permukaannya berkarat. Untuk itu, dibutuhkan oli pelumas yang mencegah terbentuknya karat ketika komponen tersebut saling bergesekan atau terkena air.
Melihat begitu pentingnya fungsi pelumas pada motor, memilih oli yang terbaik dengan jenis yang sesuai dengan kendaraan Anda merupakan hal yang harus diperhatikan. Agar kegiatan berkendara menjadi aman dan nyaman. (Tr)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar