Penyebab Ruam Pada Kulit Wajah Bayi

Memiliki bayi yang terlihat manis dan lucu pasti menjadi dambaan setiap orangtua. Untuk mewujudkannya, beberapa orangtua bahkan rela mengeluarkan biaya cukup tinggi untuk melakukan perawatan bayi yang dirasa diperlukan. Namun sayangnya, kehadiran ruam pada kulit wajah bayi ini seringkali menjadi penyebab berkurangnya kelucuan bayi.

bayi
Ruam wajah bayi ditandai dengan munculnya bintik merah (sedikit ataupun banyak) pada area wajah bayi. Seringkali ruam ini terasa gatal, sehingga membuat bayi menjadi merasa tidak nyaman. Bahkan, pada kondisi yang cukup parah ruam ini bisa disertai nanah dan terasa sakit. Banyak yang beranggapan bahwa munculnya ruam ini disebabkan karena udara yang terlalu panas, atau akibat dari bekas sisa ASI yang menempel pada wajah bayi. Padahal, selain kedua penyebab tersebut masih banyak penyebab lainnya, antara lain:

Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab munculnya ruam pada kulit wajah. Pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan (belum mengonsumsi MPASI), ruam bisa muncul akibat bayi alergi terhadap kandungan pada susu formula yang dikonsumsinya. Misalnya saja, jika bayi alergi terhadap susu sapi. Sementara, pada anak usia di atas 6 bulan yang mulai mengonsumsi MPASI, mungkin disebabkan oleh alergi terhadap salah satu jenis MPASI yang dikonsumsinya.

Kulit sensitif

Pemilihan produk perawatan bayi yang kurang tepat bisa menjadi penyebab munculnya ruam pada kulit wajah bayi. Hal ini akan semakin parah, jika bayi memiliki kulit yang sensitif terhadap berbagai produk kimia. Karena itulah, pastikan untuk memilih produk perawatan bayi berbahan alami, yang hanya sedikit mengandung zat kimia.

Infeksi

Infeksi bakteri ataupun infeksi jamur bisa menjadi penyebab munculnya ruam pada kulit bayi. Ruam yang disebabkan oleh infeksi ini harus segera di atasi dengan cara yang tepat, karena bisa semakin parah.

Menjaga kebersihan bayi juga dapat mengurangi kemungkinan bayi mengalami masalah ini. Karena itulah, rajin-rajinlah untuk menjaga kebersihan seluruh anggota tubuh bayi. Apapun penyebab munculnya ruam pada kulit wajah bayi, hal ini sebaiknya segera dikonsultasikan kepada orang yang lebih memahaminya, misalnya dokter anak. Apalagi, jika ruam pada wajah bayi semakin banyak atau mulai terasa mengganggu bayi. (Yv)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar