Manfaat Skema Warna untuk Dekorasi Ruang

Bingung menata ruangan pada luxury apartment Anda? Jika ya, Anda perlu membaca tips berikut ini. Mungkin Anda juga pernah memperhatikan bagaimana para desainer interior memadupadankan warna dengan indahnya. Padahal terkadang warna yang digunakan bertabrakan satu sama lain namun entah mengapa warnanya tetap terlihat indah dan menarik. Nah, rahasia dari kesuksesan para desainer interior tersebut adalah skema warna. Mereka menggunakan lingkaran berisi warna-warna untuk menentukan warna apa saja yang cocok untuk dipadupadankan. Pstt, Anda juga bisa mencuri ide ini untuk mendekorasi hunian Anda.
  • Pertama adalah skema warna monochrome. Inilah skema warna yang sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat ibukota. Skema warna monochromatic merupakan skema warna yang terdiri dari satu warna dan intensitasnya hampir sama. Misalnya Anda memilih warna coklat muda untuk mendekorasi ruang tamu. Nah, dalam pengerjaannya Anda memilih furnitur berwarna serupa atau warna yang lebih terang atau mungkin juga warna yang lebih gelap. Selama warna tersebut masih termasuk ke dalam golongan cokelat muda, tidak masalah seberapa persen warna campurannya warna tersebut masih bisa digunakan. Skema warna monochromatic dalam menimbulkan kesan harmonis, tenang, dan rapi.

  • Kedua adalah skema warna komplementer. Cara memilih warna komplementer untuk memadukannya adalah melihat warna-warna yang saling berseberangan dalam skema. Misalnya merah dengan hijau, ungu dengan hijau alpukat, atau biru dengan oranye. Agar tidak terlalu terlihat ramai, pilih warna dominan yang lebih kalem dan barulah gunakan warna-warna komplementer untuk menghias furnitur dan ruangan Anda. Misalnya Anda ingin mengambil paduan oranye dan biru. Pilih intesitas warna oranye yang lebih terang dan agak menjurus ke arah beige. Jadikan warna tersebut sebagai warna dominan dengan mengecat dinding ruang. Setelah itu, pilih furnitur berupa sofa yang berwarna biru langit. Suasana ruangan pun akan menjadi lebih semarak dari biasanya namun tidak berlebihan.
  • Ketiga adalah skema warna triadio. Dalam skema warna, warna triadio merupakan warna yang berada di tiga titik yang berbeda dan jika dihubungkan akan membentuk sebuah segitiga. Warna ini cocok untuk Anda yang menyukai nuansa ceria dan berwarna di dalam ruang. Konsep warna triadio biasa digunakan dalam ruangan taman kanak-kanak, taman bermain, dan juga kamar anak. Penitikberatannya biasanya ada pada furnitur-furnitur yang mengisi ruangan Anda seperti sofa, lampu meja, pajangan, hingga bantal-bantal mungil di atas sofa. (Tr)

SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar