Ini, 4 Malware Paling Mengancam di Dunia

virus komputer
image source: TechWorm
Belum lama ini, dunia dihebohkan oleh kemunculan salah satu virus yang mampu mengunci keseluruhan data yang tersimpan di dalam Laptop para penggunanya bernama WannaCry. Masih menjadi bagian dari Ransomware, namun virus yang disebarkan oleh WannaCry ini pun tergolong sangat cepat. Kendati demikian, tapi siapa yang bisa menduga ternyata masih banyak loh Malware lain yang bertebaran di internet Jakarta, yang dianggap paling mengancam dan berbahaya di dunia. Meski, beberapa Malware ini kurang dikenal oleh khalayak banyak, sayangnya tetap saja Malware yang menyebarkan virus ini sangat merugikan semua pengguna yang bekerja menggunakan sebuah Laptop maupun Komputer.

Lalu, apa sajakah nama Malware yang bisa mengancam keberlangsungan isi data yang terdapat di dalam Komputer ataupun Laptop? Ini beberapa diantaranya.
  • Mirai. Mirai merupakan salah satu virus yang terbilang sangat mengancam dan sungguh berbahaya di dunia. Dimana, virus ini akan menyerang bagian IoT atau dikenal dengan nama Internet of Things, dan langsung mengubahnya ke dalam bentuk botnet. Setelah mengumpulkan banyak botnet, biasanya virus ini pun akan langsung memberi serangan berupa DDoS. Parahnya lagi, virus ini pun dianggap sebagai pelaku DDoS paling mengancam di dunia.
  • Sality. Berbeda dengan Mirai, Sality sendiri melakukan aksinya dengan cara merusak sistem yang ada di dalam Windows lengkap dengan data yang tersimpan di Laptop. Yang paling menyedihkan, virus bernama Sality ini cukup susah untuk dihapuskan dari sistem, lantaran sudah menjadi bagian dari Windows. Sehingga, apabila Laptop sudah terjangkit virus ini, biasanya kinerja pun akan semakin melambat.
  • ZeroAccess. Tidak sama dengan virus sebelumnya, virus jenis ZeroAccess ini beraksi dengan bersembunyi di sistem komputer dalam bentuk rootkit. Setelah itu, virus ini akan langsung menjangkit dan secara otomatis mendownload berbagai virus. Dengan begini, tentu saja membuat Laptop maupun komputer pun akan langsung menyimpan banyak virus dan kinerja yang dihasilkan pun akan semakin lambat daripada biasanya.
  • Kelihos. Kelihos atau yang biasa dikenal dengan nama Hlux ialah satu diantara banyak virus yang menyerang Laptop ataupun Komputer, yang bekerja dengan cara mengirim banyak spam dan langsung mencuri BitCoin. BitCoin sendiri sekarang ini dijual dengan harga sekitar 25 juta rupiah.
Bagaimana? Apakah kamu sudah mengenal berbagai jenis Malware yang menyebarkan virus ke Laptop dan Komputer ini? –SH–
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar