Pekerjaan Rumah Ini Harusnya Tidak Dikerjakan Ibu Hamil

kehamilan
Image source: Food NDTV
Menjadi seorang ibu hamil, tentu diwajibkan untuk selalu berhati-hati. Bukannya manja, namun hal ini dilakukan agar dapat menghindari supaya tidak terjadi sesuatu yang bisa membahayakan ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya. Seperti misalnya, tidak mengerjakan berbagai pekerjaan rumah yang terbilang cukup berat bila dikerjakan ibu hamil. Selain tidak melakukan pekerjaan berat, ibu hamil pun diharuskan untuk mengonsumsi vitamin untuk ibu hamil yang memang disarankan dikonsumsi secara teratur sehingga kesehatan ibu hamil tidak akan terganggu.

Berikut adalah beberapa pekerjaan di rumah yang seharusnya tidak boleh dikerjakan oleh ibu hamil. Mari, disimak!
  • Berhubungan dengan pembersih ataupun detergen. Menurut penelitian, ketika tengah hamil kulit wanita akan lebih sensitif dari biasanya. Misalkan saja, kulit akan langsung mengalami alergi apabila sering berhubungan dengan detergen yang digunakan untuk menyuci pakaian maupun pembersih untuk membersihkan ruangan. Untuk itu, ada baiknya jika sedang mengadung janin, ibu hamil mengurangi pekerjaan yang berdekatan dengan pembersih ataupun detergen.
  • Mengangkat barang yang cukup berat. Ibu hamil tidak diperbolehkan untuk diwajibkan untuk mengangkat barang yang bisa dibilang berat. Sebab, terkadang mengangkat barang berat dapat menyebabkan pinggang sakit sekaligus beresiko tergelincir sehingga sangat beresiko pada bayi di dalam kandungan.
  • Membersihkan kotoran yang datang dari hewan. Memelihara hewan saat hamil sih boleh-boleh saja, namun sebaiknya apabila hewan ini mengeluarkan kotoran sebaiknya ibu hamil tidak membersihkannya sendiri. Sebab, di dalam kotoran yang dikeluarkan hewan ini, terkandung parasite yang bisa membahayakan janin yang sedang di kandung. Selain janin, ibu hamil pun bisa terjangkit parasit yang muncul dari hewan ini.
  • Hindari pekerjaan yang terlalu membungkuk. Ketika hamil, usahakan semua ibu hamil untuk menghindari pekerjaan yang terlalu membungkuk. Ini lantaran efek dari membungkuk dapat mengakibatkan terjadinya peradangan di sekitar saraf siatik. Tidak hanya saraf siatik, ligamen dan sendi pada ibu hamil pun turut melunak, sehingga memiliki resiko yang cukup buruk apabila ibu hamil memasakkan diri untuk melakukan pekerjaan yang membungkuk.
Nah, untuk ibu hamil sebisa mungkin ketika masa kehamilan jangan melakukan beberapa pekerjaan di atas, ya! –SH–
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar