Beberapa Tokoh yang Berperan dalam Perkembangan Dunia Internet

Tidak banyak yang mengetahui bahwa internet yang bisa kita nikmati sekarang ini mengalami perjalanan panjang yang penuh inovasi. Seringnya, kita memang hanya berfokus pada hasil saja tanpa tahu proses di baliknya. Contohnya saja internet kabel yang kita nikmati di rumah. Kita tidak pernah tahu bukan bagaimana sejarah pembuatannya hingga bisa dinikmati dan dipergunakan seperti sekarang? Akan tetapi, ketidaktahuan bukannya menjadi batas untuk apatis terhadap sesuatu. Mencari tahu terhadap tokoh yang berperan dalam dunia internet bisa menjadi gerbang untuk mengapresiasi mereka yang sudah berjasa menciptakan internet untuk dinikmati di masa sekarang.
  • Charles Herzfeld – Pencipta ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network). Herzfel
    ray tomlinson
    ray tomlinson (source: google)
    d adalah direktur dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) di tahun 1960 dan menjadi seseorang yang menciptakan ARPANET, nenek moyang dari internet yang digunakan sekarang.
  • Raymond Tomlinson – Pencipta Sistem E-Mail di ARPANET. Pernah memikirkan tentang siapa sosok di balik penciptaan email yang kita gunakan hampir setiap hari untuk bekerja dan berkomunikasi? Dialah Raymond Tomlison, yang mengimplementasi sistem email di ARPANET di tahun 1971. Raymond juga menciptakan tanda “@” pada email yang menghubungkan nama pengguna dengan domain. Keren, ya!
  • Robert Cailliau – Pencipta WWW (World Wide Web) bersama Tim-Berners Lee. Tidak banyak yang tahu bahwa Cailliau juga berperan penting dalam menciptakan WWW bersama Tim-Berners. Cailliau adalah sosok yang menyusun proposal untuk pengembangan WWW sekaligus merancang logonya. Tidak hanya itu, ia pun ikut mengembangkan browser pertama untuk Mac OS.
  • Philip Zimmermann – Pencipta PGP (Pretty Good Privacy). Di tahun 1991, Zimmermann mempublikasikan PGP atau Pretty Good Privacy yang merupakan sebuah metode enkripsi digital untuk mengamankan data di email. Ia pun dikenal karena karyanya di VoIP encryption protocols, ZRTP dan Zfone.
  • Brewster Kahle – Pencipta WAIS (Wide Area Information System) dan Internet Archive. Pada tahun 1989, Kahle mengembangkan WAIS atau Wide Area Information System, sebuah sistem publishing pertama di internet sekaligus program yang mampu membuat indeks data berukuran besar pertama di dunia. Tidak hanya itu, Kahle juga menciptakan perpustakaan digital bersifat nonprofit dengan nama Internet Archive (www.archive.org) pada tahun 1996. Melalui situs ini, pengguna internet bisa mengakses halaman web, buku, film, dan juga musik secara gratis.
Wah, ternyata banyak tokoh yang berjasa di dunia internet yang belum kita ketahui namanya, ya. Semoga dengan adanya artikel ini, wawasan kita terhadap pahlawan-pahlawan yang sudah berjasa dalam menciptakan internet bisa bertambah!
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar