Tanda Adanya Masalah Pada Kompresor Mobil

ac mobil
AC merupakan salah satu komponen penting yang harus ada di mobil. Apalagi, dengan kondisi cuaca saat ini yang bisa benar-benar panas saat siang hari, membuat keberadaan AC menjadi hal yang sangat penting. Sebab itulah, jika sampai ada masalah pada komponen ini, rasanya akan menjadi sangat menyebalkan. Daripada harus menahan panas saat berkendara, lebih baik segera memperbaikinya dengan memanfaatkan Asuransi mobil All Risk.

Pada umumnya kerusakan pada AC ini disebabkan adanya masalah pada kompresor, yang pada akhirnya menyebabkan AC tidak dapat bekerja secara maksimal. Kompresor sendiri merupakan komponen yang berperan penting dalam sistem kerja AC. Sebab itulah, ketika terjadi masalah pada komponen ini maka AC tidak bisa bekerja secara maksimal. Namun, masalah kompresor inipun beragam, dan mengatasinya dengan cara yang salah tentunya tidak akan membuat masalah menjadi selesai. Supaya kamu tidak salah dalam melakukan perbaikan, setidaknya kamu harus mengetahui beberapa tanda kerusakan kompresor mobil berikut ini:

Terdengar suara saat AC dinyalakan

Pada saat AC pertama kali dinyalakan, maka akan terdengar suara yang cukup kasar dari arah mesin. Namun, suara ini akan menghilang pada saat AC kembali dimatikan. Dan, semakin tinggi kita menyalakan AC, maka suara yang dihasilkan akan semakin terdengar. Hal ini bisa disebabkan kerusakan pada kompresor, namun jangan langsung mengambil kesimpulan seperti itu dan langsung mengganti komponen ini begitu saja. Sebab, terkadang hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa freon mobil telah habis atau berada dalam jumlah kurang dari yang seharusnya (hampir habis).

AC kurang dingin ketika rpm rendah

Pernah merasakan AC yang menjadi panas saat mobil dalam kondisi diam atau berada pada rpm rendah? Dan AC kembali terasa dingin saat mobil melaju cukup cepat dengan rpm cukup tinggi. Hmm, pasti terasa sangat menyebalkan yah. Sebab, saat sedang macetlah biasanya AC akan sangat dibutuhkan. Nah, jika hal ini terjadi, biasanya disebabkan karena kompresi pada kompresor berkurang.

Semakin lama AC terasa tidak dingin

Ketika mulaimerasakan bahwa tingkat dingin AC mobil mulai berkurang (bahkan disaat suhu luar rendah), maka sebaiknya mulai waspada. Sebab, bisa jadi ini disebabkan adanya kebocoran pada kompresor mobil. Berkurangnya tingkat dingin ini bisa beragam, ada yang terjadi secara perlahan hingga membutuhkan waktu berhari-hari, namun ada juga yang berlangsung sangat cepat. Hhal ini dipengaruhi oleh tingkat keparahan bocor pada kompresor. (Vita)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar