Liburan ke Bayuwangi

Mengelilingi Bayuwangi dengan sepeda motor sepertinya bukan ide yang buruk. Bagi yang mau mencobanya, tidak perlu susah-susah sampai angsuran sepeda motor. Kamu hanya perlu sewa motor sesampainya kamu di Bayuwangi. Jika kamu kepikiran menggunakan sepeda motor hingga Bayuwangi, lebih baik pertimbangkan lagi karena jaraknya cukup jauh dari Jakarta.

Sudah sampai ke Bayuwangi, apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ini beberapa informasi tempat wisata serta kuliner Bayuwangi yang patut dicoba:

Lokasi Wisata

Kawah Ijen

Kawah Ijen
Bagi yang suka mendaki dan adventure, kawah Ijen bisa menjadi pilihan. Di sini kamu bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian 2,368 meter yang tidak ada duanya. Namun kamu perlu berhati-hati saat mengunjungi tempat ini dikarenakan suhu kawah mencapai 200 derajat celcius dan penuh dengan bau belerang.

Kawah Ijen ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Bayuwangi. Dikarenakan jaraknya yang lumayan jauh dari kota Bayuwangi, pastikan kamu berangkat dari pagi agar tidak terkena macet.

Pantai Pulau Merah

Dinamakan pantai pulai merah karena tidak jauh dari pantai terdapat pulau kecil yang tanahnya berwarna merah. Pada saat air laut surut, akan terlihat jalan yang menghubungkan pantai dengan pulau kecil tersebut. Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Pesanggaran. Saat mengunjungi pantai ini, kamu bisa berserancar, berfoto-foto ria atau hanya sekedar bermain pasir. Lokasi yang cocok bagi kamu yang ingin keluar dari kepengatan kota besar.

Kuliner Khas Bayuwangi

Rujak Soto

rujak soto
Nama yang terdengar sangat aneh namun jangan salah, rasanya bisa dijamin. Menu ini merupakan perpaduan rujak dan soto sehingga menu ini terdiri dari aneka sayuran matang, timun, petis, gula merah, tempe, tahu, lontong, bumbu kacang, babat dan kuah soto. Bagi beberapa orang, pasti akan merasa ragu dengan perpaduan ini namun tidak sedikit orang yang datang ke Bayuwang untuk mencobanya loh!.

Salah satu lokasi Rujak Soto yang bisa didatangi adalah Pondok Rujak Soto yang berada di jalan Basuki Ahmad.

Pecel Rawon

Selain menu Rujak Soto, ternyata Bayuwangi menawarkan menu khas lainnya yang dibuat setelah mencampurkan 2 menu yaitu Pecel dan Rawon. Pada saat kamu memesan menu ini, kamu akan disajikan sepiring Pecel Rawon yang berisikan bayam, toge, kacang panjang rebus yang dicampur dengan bumbu pecel kemudian disiram dengan kuah rawon.

Bagi yang mau coba, bisa datang ke Rumah Makan Pecel Ayu di jln. Laksda Adisucipto 60

Tentu selain 2 lokasi wisata dan kuliner di atas, masih banyak yang bisa kamu kunjungi dan nikmati karena Bayuwangi merupakan surga wisata dan kuliner. –hm-
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar