Pengaruh Menonton Televisi Bagi Anak-anak

nonton tv
Berlangganan TV kabel berbayar memang sangat marak dikalangan masyarakat. Alasannya, siaran yang ditayangkan lebih bervariasi dari siaran lokal dan juga bisa menonton berbagai acara dari negara lain. Banyaknya siaran yang bisa ditonton, membuat anak-anak akan semakin betah berlama-lama menonton televisi di rumah mereka. Memang tidak masalah jika anak-anak menonton TV di rumah, dikarenakan menonton TV juga akan memberikan banyak manfaat. Akan tetapi jangan terlalu keseringan.

Berikut beberapa pengaruh yang akan ditimbulkan ketika anak-anak menonton televisi:

Pengaruh Positif Televisi untuk Anak-anak

  • Sebagai Sarana Untuk Menghibur. Sama-sama kita ketahui, televisi memang sebagai sarana hiburan untuk anak-anak. Stasiun televisi akan menyuguhkan tayangan yang diperuntukkan untuk anak-anak seperti boboboy, upin ipin, barbie, dan lain sebagainya. Anak-anak tidak akan merasa bosan apabila mereka libur sekolah.
  • Media Informasi dan Pengetahuan. Selain untuk hiburan, televisi juga dijadikan sebagai sarana informasi, dan menyebarkan ilmu pengetahuan. Anak-anak akan mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan dari beberapa program atau acara televisi yang ditayangkan stasiun TV.
  • Memberikan Motivasi Menghafal Al-quran. Saat ini, banyak stasiun televisi yang menayangkan acara Hafidz Quran dan dilombakan. Apabila anak penghafal Hafidz Quran menang, mereka akan mendapatkan hadiah. Hal ini membuat anak-anak lain termotivasi untuk menghafal Al-quran juga.

Pengaruh Negatif Televisi untuk Anak-anak

  • Membuat Anak-anak Malas. Banyaknya tayangan yang di pertontonkan oleh stasiun televisi untuk anak-anak, membuat si anak semakin betah menonton dan menyaksikan acara kesayangan mereka.  Mereka lebih memilih menonton televisi daripada membuat tugas mereka. Hal ini akan mengakibatkan si anak malas dan nilainya pun anjlok di sekolah.
  • Memberikan Contoh Yang Tidak Baik. Semakin banyaknya tayangan yang tidak jelas sinetron. Otomatis akan memberikan dampak yang tidak baik untuk si anak. Anak-anak akan mencontoh semua prilaku yang terdapat di dalam tayangan tersebut dan mereka akan membawa ke kehidupan nyata.
  • Hiburan Yang Tidak Mendidik. Sekarang banyak sekali acara yang tidak mendidik yang dipertontonkan pada anak-anak salah satu contohnya di stasiun televisi Indonesia, acara lawakan yang ditayangkan oleh stasiun televisi Indonesia banyak yang tidak mendidik. Yang dipertontonkan hanya bullyan dan hinaan bukan lawakan yang mendidik.
Untuk Orang Tua di rumah, alangkah baiknya harus memperhatikan setiap acara yang di tonton anak-anak di rumah. –Sh–
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar