Rawat Rem Sepeda Gunung Anda

Rem merupakan bagian penting dari sebuah sepeda baik itu sepeda biasa atau sepeda MTB. Fungsi dari rem adalah
  • Mengurangi kecepatan laju sepeda MTB
  • Menghentikan sepeda MTB saat berlaju agar tidak menabrak tembok, orang ataupun kendaraan lain
  • Menjaga / memastikan sepeda tetap berhenti
Untuk memastikan rem dapat berkerja dengan baik dalam waktu yang lama, berikut ini beberapa cara merawat rem sepeda gunung Anda:

Cek Kekuatan Rem Secara Rutin

rem sepeda
Periksa tipe rem, apakah sepeda MTB menggunakan rem tipe konvensional (V-brake) atau tipe Disk (Cakram). Apapun tipe remnya, pastikan kampas rem masih tebal dan masih menempel pada pelek / cakram jika tuas rem ditarik. Jika kampas rem sudah menipis, ada baiknya cepat-cepat mengganti kampas. Selain bagian kampas, Anda juga perlu melakukan pengecekan pada bagian tuas, kabel dan minyak rem. Pengecekan ini dilakukan sebelum dan sesudah sepeda MTB digunakan.

Jika saat penarikan tuas rem, kampas rem tidak terlalu menjepit cakram / pelek dengan sempurna, coba atur posisi kampas. Tidak ada salahnya membawa sepeda ke bengkel untuk membetulkan kampas jika Anda takut melakukan kesalahan.
Kampas masih tebal dan bagus namun saat tuas rem ditarik, terdengar bunyi maka ada baiknya Anda coba membersihkan kampas dan cakram / pelek beberapa kali dan dicoba lagi hingga bunyi hilang.

Membersihkan Sepeda Sehabis Pakai Dan Minyaki

Setiap kali selesai menggunakan sepeda MTB, pastikan Anda membersihkan sepeda terutama pada bagian rem. Dengan membersihkan secara rutin untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel. Setelah bagian-bagian yang berhubungan dengan rem dibersihkan, jangan lupa untuk meminyaki bagian kawat rem secukupnya dengan seprotan pelumas.

Jangan pernah berpikir untuk meminyaki bagian kampas rem, cakram ataupun pelek. Kenapa? Dengan meminyaki bagian tersebut, Anda hanya membuat membuatnya licin sehingga rem tidak bisa berfungsi secara optimal.

Semoga tips di atas membantu dalam menjaga keawetan rem Anda. Ingat rem membantu Anda menyelamatan nyawa Anda dan orang lainnya, jangan padang remeh. –hm-
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar