Mengintip Google Doodle Ala Fairytale

Anda yang sering membuka laman Google melalui internet kabel pastinya akan dihadapkan dengan sebuah doodle dan salah satu doodle yang keren manis khas negeri dongeng. Menariknya lagi, tidak hanya satu doodle yang tersedia di laman awal Google melainkan 3 gambar menggemaskan siap menghibur Anda ketika hendak mencari sesuatu. Mulai dari kisah Sleeping Beauty hingga Puss in Boots. Nah, sebenarnya ada apa sih di balik Google Doodle hari ini?

Charles Perrault
Ternyata, tanggal 12 Januari diperingati sebagai hari ulang tahun Charles Perrault, seorang laki-laki berkebangsaan Prancis, yang secara aktif menuliskan cerita anak-anak. Perrault lahir di Paris pada tahun 1628 dari sebuah keluarga berada dan ia sempat mengecap pendidikan di jurusan hukum. Merasakan manisnya kehidupan dengan mendulang sukses ketika menjabat sebagai civil servant, Perrault hidup tanpa kekurangan satu apa pun.

Ketika ia kehilangan pekerjaan pada umur 67 tahun, Perrault kemudian memutuskan untuk mendedikasikan hidupnya untuk keluarga dan menelurkan kisah-kisah dongeng dalam buku yang berjudul Histoires ou Contes du Temps passé (Tales and Stories of the Past With Morals). Buku karangan ini juga terkenal dengan subtitle "Tales of Mother Goose" dan meledak di pasaran hingga diterjemahkan dalam bahasa Inggris pada tahun 1729 oleh Robert Samber.

Di dalam kumpulan cerita ini, Perrault juga menuliskan kisah Le Petit Chaperon Rouge (Little Red Riding Hood), Cendrillon (Cinderella) dan La Belle au bois Dormant (The Sleeping Beauty), yang menjadi terkenal dan diadaptasi oleh Disney dan juga Brothers Grimm. Disney kemudian menghilangkan aura ‘gelap’ dalam cerita yang dibuat oleh Perrault dengan alasan bahwa kisah tersebut tidak cocok untuk anak-anak. Dalam kisah Little Red Riding Hood versi Perrault, serigala yang bertemu dengan Si Tudung Merah di hutan memang memangsanya hidup-hidup.

Nah, untuk mengenang ulang tahun penulis dongeng anak legendaris yang karyanya masih bisa dinikmati hingga sekarang, Google mengabadikannya dalam doodle milik mereka. Adalah Sophie Diao, yang didaulat untuk membuat desainnya. Ia pun kemudian menciptakan tiga doodle dari dongeng terkenal milik Perrault yang berjudul Cinderella, Sleeping Beauty, dan Puss in Boots. (Tr)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar