Trik Bekerja Tanpa Lembur di Kantor

bekerja
Bukan menjadi rahasia umum lagi jika banyak pekerja di ibukota yang mengeluhkan masalah jam kerja yang sangat panjang dengan bayaran yang tidak seberapa. Coba deh cek jadwal pribadi Anda. Jam berapa Anda datang ke kantor dan jam berapa biasanya Anda pulang? Bagi Anda yang bekerja di office tower mega kuningan, datang ke kantor sebelum jam 8 pagi dan pulang di atas jam 8 malam pastinya sudah menjadi hal yang biasa. Lantas, jika sebagian besar waktu Anda dihabiskan di kantor, kapan Anda punya waktu untuk melakukan me time atau istirahat yang cukup?

Memang, kadang kala tuntutan pekerjaanlah yang membuat Anda tidak bisa pulang tepat waktu. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa pulang on time setiap hari, lho. Ada trik yang bisa dilakukan untuk menghindarkan Anda dari lembur ketika bekerja. Simak daftarnya!
  • One task at one time. Jangan biasakan diri Anda untuk melakukan multitasking. Bukannya menghemat waktu pengerjaan, yang ada malah Anda akan menghabiskan waktu karena mengerjakan semuanya serba setengah-setengah. Waktu terbuang, konsentrasi terpecah, dan pekerjaan tidak ada yang selesai. Akibatnya, Anda harus menghabiskan waktu lebih lama di kantor dan pulang lebih malam. Untuk itu, biasakan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam satu waktu. Selain lebih cepat, Anda pun akan lebih konsentrasi dalam mengerjakannya.
  • Hindari distraction. Hayoo ngaku, apa yang membuat Anda hilang fokus dari pekerjaan yang sedang dilakukan? Jawabannya beraneka macam, bisa dari konten-konten di  internet yang tanpa sengaja terbuka di new tab, obrolan dengan teman di kubikel sebelah, atau bahkan ponsel Anda yang terus menerus menampilkan notifikasi. Sebaiknya, ketika Anda sedang mengerjakan sesuatu, jauh-jauh deh dari sumber distraksi ini. Tutup dulu tab browser Anda, pasang earphone agar tidak tergoda untuk ngobrol dengan teman sebelah, dan juga simpan telepon Anda. Dijamin, kerjaan akan cepat selesai!
  • Punya prinsip. Nah, kalau dua hal di atas sudah Anda lakukan, yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah menjalankan prinsip. Yap, Anda harus punya prinsip dan berpegang teguh pada prinsip tersebut. Anda hidup bukan hanya untuk bekerja saja. Jadi, jika Anda merasa semua kewajiban Anda sudah diselesaikan, maka pulanglah. Tidak perlu menunggu hingga atasan Anda pulang jika jam di kantor memang sudah menunjukkan jam pulang kerja.
Nah, semoga tips di atas bisa membantu, ya!
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar