Tips Merawat Tanaman di Halaman Rumah

nanam di pot
Bagi Anda yang bermimpi untuk memiliki halaman rumah cantik, merawat dan menatanya menjadi satu hal yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, halaman rumah yang cantik tidak bisa didapat secara instan. Butuh usaha yang sepadan untuk mewujudkan angan itu menjadi nyata. Mulai dari memilih rumput taman agar tumbuh subur nan hijau layaknya rumput sintetis, hingga merawat tanaman hias di halaman agar taman terlihat sejuk dan juga asri. Poin terakhir merupakan poin yang cukup menguras tenaga, sebab merawat tanaman tidaklah semudah kelihatannya. Namun demikian, bukan berarti merawat tanaman tidak bisa dilakukan oleh Anda yang masih pemula. Asalkan tahu caranya, tanaman tersebut tetap bisa tumbuh menawan meski tidak dirawat oleh para ahli. Simak caranya dalam artikel berikut ini:
pot tanaman
  • Posisi peletakkan. Meski sederhana, posisi peletakkan tanaman sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup tanaman di halaman rumah Anda. Tanaman sangat membutuhkan cahaya matahari, sehingga jika berada di posisi yang tepat, tanaman akan mampu menyerap cahaya yang membantunya tumbuh subur. Namun demikian, ada beberapa tanaman yang hanya bisa tumbuh jika tidak terkena cahaya matahari. Oleh sebab itu, hal-hal seperti ini tidak bisa diabaikan dengan sebelah mata. Perlu perhatian khusus pula agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.
  • Cara penyiraman. Jika Anda menanam tanaman di dalam pot, proses penyiramannya tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara. Sebab, jika Anda menyiramnya secara berlebihan, maka tanaman akan cepat membusuk karena kadar air yang membengkak. Jadi, ketika menyiram, pastikan Anda memerhatikan bagian bawah pot yang berlubang. Ketika air sudah keluar dari sana, maka hentikan proses penyiramannya.
  • Tanah dan pupuk. Tanah yang digunakan sebagai media tanam pun tidak bisa sembarangan. Pilihlah tanah yang gembur dan memiliki banyak nutrisi. Anda juga bisa menambahkan arang agar tanaman tumbuh dengan subur atau mencampurkan pupuk kompos pada tanahnya. Jangan lupa juga menyemprot cairan pembasmi hama agar tanaman tidak dihinggapi oleh serangga.
Nah, semoga tips di atas bisa membantu Anda, ya. Selamat berkebun!
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar