Hand Sanitizer Picu Sel Kanker?

Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan berbentuk gel yang dipakai dengan cara mengusapkannya pada permukaan tangan. Hand sanitizer dipercaya dapat membunuh kuman yang bersarang di tangan Anda tanpa perlu mencucinya dengan air. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada bahan-bahan yang berada di dalam hand sanitizer justru bisa memicu sel kanker? Berikut ini adalah bahan-bahan kimia yang biasa ditemukan dalam hand sanitizer dan menurut beberapa ahli spesialis kanker dapat memicu kanker.
hand sanitizer
  • Parfum. Hand sanitizer biasanya dilengkapi dengan 'pengharum' dalam cairannya. Mulai dari aroma buah-buahan hingga aroma bunga. Dengan demikian, setiap kali selesai membersihkan tangan, kita akan dengan refleks mencium tangan kita yang berbau harum. Sebuah penelitian dalam bidang kimia membuktikan bahwa parfum yang ada di dalam kandungan hand sanitizer dalam membuat seseorang mengalami gangguan pernapasan dan berefek pada organ reproduksi.
  • Triclosan. Triclosan merupakan senyawa kimia yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Akan tetapi, jika digunakan secara berlebihan, triclosan dapat membuat bakteri menjadi lebih kebal terhadap antibiotik. Dengan demikian, bakteri yang seharusnya enyah dari dalam tubuh justru menjadi bertahan lebih lama. Efek sampingnya adalah terjadi pertumbuhan pada sel-sel otak dan tubuh kita akan mengalami gangguan hormon.
  • Alkohol. Mengapa hand sanitizer bisa membunuh kuman dan membersihkan tangan kita? Alasannya adalah karena hand sanitizer mengandung sekitar 65% alkohol di dalam zatnya. Ketika diusapkan ke tangan, alkohol tersebut akan terserap ke dalam kulit dan menyatu dengan aliran darah. Kadar alkohol dalam jumlah besar tidak berakibat baik untuk tubuh.
  • Paraben. Tahukah Anda bahwa paraben merupakan senyawa kimia yang sering digunakan dalam alat kosmetik? Nah, hand sanitizer yang sering Anda gunakan itu mengandung senyawa ini. Paraben dapat menyebabkan kanker, iritasi kulit, dan juga gangguan endoktrin.
  • Berpengaruh pada imun. Senyawa-senyawa kimia yang ada dalam hand sanitizer berfungsi untuk membunuh kuman yang ada di permukaan tangan. Akan tetapi, lambat laun, senyawa kimia itu justru membunuh bakteri baik yang ada di dalam tubuh. Padahal, bakteri baik berfungsi untuk melindungi tubuh dan menjaga kesehatan Anda.
Untuk mencegah dampak buruk dari penggunaan hand sanitizer ini, sebaiknya gunakanlah hanya saat bepergian saja / diperlukan saja. Well, semua produk itu baik namun jika digunakan terlalu over pasti akan ada efek yang tidak baik. (Tr)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar