Robotic Bartender Di Dunia

Bagi para konsumen minuman beralkohol pasti sudah tidak asing dengan istilah bartender, yaitu orang yang bertugas untuk membuat minuman dan kemudian menyajikannya pada konsumen. Bartender biasanya bekerja pada sebuah bar atau tempat jual minuman alkohol. Untuk menjadi seorang bartender bukanlah hal yang mudah,karena tidak hanya harus bisa membuat minuman standar saja, tetapi juga harus mampu untuk menciptakan resep minuman baru yang akan membuat konsumen tertarik untuk mencobanya.

Jika pada umumnya yang disebut bartender adalah seorang manusia, saat ini sudah banyak bar di dunia yang mempekerjakan robotic bartender. Fungsi dari robotic bartender ini sama seperti bartender biasa, hanya saja berbentuk seperti alat atau robot. Berikut ini, adalah beberapa robotic bartender di dunia:

“Chassis” Bartender

Chassis adalah sebuah robot berwarna merah dan berfungsi untuk mengantarkan minuman pada konsumen. Robot ini dibuat oleh Jonathan Foote dan Al Honig dan dikendalikan melalui remote control. Perintah untuk robot ini diterima melalui headset dan wireless yang terhubung dengan remote control tersebut.

“Carl” Robotic Humanoid Bartender

Robot bernama Carl ini dirancang oleh teknisi mekatronika Ben Schaefer, dengan memanfaatkan beberapa part yang tidak digunakan oleh perusahaan industri robot di Jerman. Carl tidak hanya mampu untuk menyajikan minuman saja, tetapi juga mampu untuk berkomunikasi singkat dengan konsumen yang duduk di sekitar meja bar.

Mr. Asahi Bot

Mr. Asahi Bot merupakan penyempurnaan dari asahi robotic bartender yang sebelumnya pernah diproduksi. Sebelum diperkenalkan di depan publik, robot ini menghabiskan waktu 6 bulan untuk proses pemrogramannya, agar memiliki kemampuan bartender yang cukup baik. Bahkan, robot ini mampu untuk menyajikan pesanan konsumen kurang dari 2 menit.

Meskipun memiliki fungsi utama yang sama dengan bartender biasa (manusia), namun robotic bartender ini tidak mampu untuk menciptakan sebuah resep minuman baru. Selain itu, alat ini juga hanya akan bekerja setelah menerima perintah dari konsumen atau pemiliknya. Bahkan, robotic bartender ini tidak lagi hanya digunakan di bar saja, tetapi juga sudah digunakan untuk keperluan pribadi di rumah. (Yv)
SHARE

Heni Minata

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar