Beragam Zat Berbahaya di Kolam Renang

kolam
Jangan sangka kolam renang merupakan tempat bermain yang aman untuk anak. Sebab, seaman apa pun fasilitas dari wahana bermain air di Jakarta, air kolamnya tetap tak terprediksi kebersihannya. Ada banyak sekali zat berbahaya yang bisa ditemukan di kolam renang, seperti beberapa hal di bawah ini:
  • Shigella. Shigella merupakan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit Shigellosis: sebuah penyakit menular yang membuat penderitanya merasakan kram perut, demam, atau bahkan diare. Menurut CDC atau Centers for Disease Control and Prevention, bakteri ini dapat ditemukan di air yang tergenang atau bahkan di kolam renang yang kebersihannya kurang terjaga.
  • Urin. Memang, urin bukanlah bakteri; namun tak bisa disangkal cairan ini paling banyak ditemukan di kolam renang. Aktivitas pipis di kolam renang memang menjadi sesuatu yang sulit untuk dihilangkan. Namun demikian, kebiasaan ini tidak bisa dibenarkan karena bisa membahayakan. Urin yang bercampur dengan cairan di kolam renang bisa menyebabkan penyakit, apalagi kalau sampai tertelan.
  • E.Coli. Bakteri lain yang bisa ditemukan di kolam renang adalah E.Coli. atau escherichia coli. Bakteri ini bisa menyebabkan diare dan gangguan pencernaan jika terkontaminasi. Bakteri ini tak hanya bisa ditemukan di kolam renang umum, tetapi juga bisa ditemukan di kolam renang tiup yang biasa digunakan di rumah. Untuk itu, jaga selalu kebersihkan kolam renang agar terhindar dari bahaya ini.
  • Tabir surya. Untuk melindungi kulit anak, Anda mungkin memakaikan tabir surya sebelum berenang. Tak heran jika kolam renang ini penuh dengan campuran produk perawatan kulit seperti baby oil, tabir surya, dan masih banyak lagi. Memang sih, hal ini tidak membawa dampak langsung pada anak. Namun demikian, bagi anak yang memiliki alergi, dikhawatirkan akan merasakan dampaknya setelah berenang. Untuk itu, membersihkan diri secara menyeluruh setelah berenang merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.
Itu dia beberapa zat berbahaya yang bisa ditemukan di kolam renang. Jadi, sebaiknya tetap berhati-hati dan bersihkan diri dengan benar setiap kali habis berenang, ya. Semoga bermanfaat!
SHARE

xexe

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar